Rabu, 10 November 2010

Hero

Hey guys today is a special day. You know why ? Because it has a funny date 101110. Oh bukan itu yang saya maksudkan sebenarnya. Hari ini adalah hari spesial karena ada beberapa hal yang terjadi. Satu lagi, hari ini bukan ulang tahun gue jadi spesialnya ga pake telor. Haha

Hari ini adalah hari pahlawan. Selamat hari pahlawan Indonesia :D
Kali ini gue akan ngebahas tentang poin ketiga ‘pahlawan’, serba-serbi hari pahlawan tapi bukan serabi oke. Kata yang tidak asing ini sering terdengar dalam pelajaran sejarah ataupun pkn di sekolah-sekolah. Sebenarnya apa sih arti pahlawan itu ? Dan kenapa musti ada hari pahlawan ?

Setelah berpikir dan browsing gue menemukan ada banyak definisi tentang kata ‘pahlawan’, namun  gue hanya mengambil beberapa. Menurut pendapat para ahli dari sumber yang terpercaya.

pahlawan versi wikipedia dan kamus besar bahasa indonesia online: orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. Kata "pahlawan" berasal dari bahasa Sansekerta phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama

Pahlawan versi gue: orang yang menjaga dan melindungi sesuatu dari ancaman dan marabahaya.

Oke segitu aja definisi pahlawan yang gue beberkan disini, untuk lebih lengkapnya kalian bisa konsultasi ke om kita yang serba tahu, GOOGLE !

Tipe-tipe pahlawan, yak seperti hape pahlawan juga punya tipe. Dan inilah tipe-tipe pahlawan menurut gue
  • True hero: pahlawan sejati adalah seseorang yang mau berkorban apapun untuk yang disayanginya walaupun dirinya sendiri menderita.
  • Super hero: seperti di kartun-kartun atau film-film action, superhero adalah seorang pelindung yang mempunyai kekuatan super. Contohnya: superman, batman, power puff girls, sailormoon, wonderwoman, catwoman, p-man, pahlawan nasional, dan sebagainya.
  • Unsung hero: a man who never mention. Emang sedih nasibnya jadi yang satu ini, terlupakan. Miris, padahal sesuatu yang mereka perbuat bisa sangat berarti bagi kelangsungan hidup kita loh. Contohnya: penjaga pintu air, life guard, security, tukang sampah, tukang koran, pekerja mall/tempat hiburan, PRT, pemadam kebakaran, pak polisi, polisi tidur (?) lo bayangin coba kalo ga ada mereka.
  • Ksatria: ksatria itu yang di depan kamar mandi itu tuh yang di lantai ? Oh salah itu keset ! ksatria menurut gue itu kaya penjaga suatu kerajaan, panglima tertingginya gitu deh. Kalo di game age of empire itu jatohnya ke pemimpin perangnya. Hehe
  • Prajurit: nah kalo yang ini sih gampang, ini kaya pion catur. Mereka adalah bawahannya ksatria, kalo di dota itu kaya krip. Dia maju duluan untuk ngelindungin si pemimpin. Kalo gue bilang ini tuh kaya cerita naruto, shinobi yang ngelindungin atas perintah para kage.


Mungkin ada yang bertanya-tanya “mengapa ada hari pahlawan ? Bagaimana kita merayakan hari pahlawan ?”

Jawaban dari gue sih simple aja, hari pahlawan itu digunakan untuk kita mengenang para pahlawan dan mendoakan mereka, tidak lupa mencuci tangan sebelum makan meneruskan perjuangan mereka. Tentang caranya kita dapat berdoa untuk mereka dan yang paling populer di kalangan pelajar adalah upacara. Ambil aja contoh pahlawan nasional kita, mereka ingin membebaskan negara kita tercinta ini dari belengu para penjajah sekarang pun sebenarnya kita masih dijajah namun penjajahan ini terselubung tidak nyata seperti penderitaan sesepuh kita terdahulu, maka dari itu kita harus memerdekakan bangsa ini :D. Sebenernya sih sah sah aja kalo kalian mau ngerayainnya di luar tanggal yang sudah ditentukan, toh tidak ada larangannya, tapi di hari biasa acap kali kita tidak ingat kepada mereka, kita sibuk dengan kehidupan yang makin lama makin riweuh ini.

Apakah kamu punya pahlawan yang kamu kagumi ? Aku punya !
Gue punya masing-masing satu dari setiap tipe.

True hero: Bagi gue pahlawan sejati itu adalah Nabi Muhammad SAW. Mengapa ? Karena beliau membela agama islam agar sekarang para umat islam di seluruh dunia tidak tersesat. Beliau mengajarkan gue banyak pelajaran, dari mulai ilmu sampai cara bersikap. Gue pernah baca hadist yang isinya beliau sangat menyayangi umatnya di masa mendatang, dan gue sebagai umatnya di masa mendatang (dihitung dari masa Nabi) juga menyayanginya :)

Super hero: ga di seperti film-film kartun, pahlawan gue ini ga punya yang namanya kekuatan mejik. Yang ada malah dia nyiptain keajaiban. IBU ! beliau ngelindungin gue di perutnya selama 9 bulan, bawa gue kemana-mana dia pergi, dan setelah gue tiba di dunia beliau juga masih tetap ngelindungin gue. Beliau telah melakukan banyak hal untuk gue namun beliau ga pernah minta balasan apapun. Beliau adalah penerang kehidupan gue. I love you mom :)

Ksatria: ksatria gue juga ga yang pake baju besi bawa pedang dan tameng. Ia lebih gagah dari apapun, ia adalah AYAH ! beliau memimpin gue untuk bisa melakukan suatu hal, beliau menuntun gue untuk mengenal dunia. Beliau banyak melakukan hal kecil yang sangat berarti, beliau sangat berarti bagi gue yang kecil ini. I love you dad :)

Unsung hero: pahlawan yang ini sungguh sangat baik, tanpa dia kehidupan gue bakalan lebih runyam. Dia adalah asisten nyokap aka pembantu tumah tangga. Dia yang nyetrikain baju gue, nyuci, masak, dan pekerjaan rumah lainnya. Ga kebayang deh kalo ga ada dia di rumah :S

Prajurit: mmm prajurit gue siapa yah ? -_- aha gue tau, prajurit gue adalh piaraan gue. Bleki yang suka nungguin di depan tangga pagi-pagi dan nganteri gue ke depan gerbang komplek, hamster yang bikin gue gemes saat gue lagi kacau, ikan yang menenangkan berenang di kolam, semut yang ngebuat gatel kaki, kecoa yang bikin bau. Katanya binatang piaraan itu bisa nolongin majikannya di akhirat nanti. Mudah-mudahan saja begitu amin :)

So who’s your hero ?

Sekian dulu paparan dari gue mengenai pahlawan, kurangnya buat elo lebihnya buat gue *muka culas* hahaha

Oh ya gue juga pengen jadi pahlawan. Gue selalu suka dengan kalimat from zero to hero. gue pengen ngelindungin orang-orang yang gue sayang, ibu ayah ade keluarga temen-temen pacar binatang-binatang dan semua umat muslim di jagat raya ini. How bout you ?

See you next time ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar