Senin, 27 Desember 2010

Satai, al dente :9

Hello blogku tersayang, hei blogger. Lama nih ga ketemu huhu, kangen ga sama gue kangen ga ? *hening, krik krik krik* yasudahlah kalo gak ada yang kangen. Oke kali ini gue mau bagi pengalaman pada tanggal 17 November 2010.

Hari itu sungguh mengerikan karena banya pertumpahan darah dimana-mana, makanya kalo lo liat di kalender pasti tanggal 17 November itu merah. Untuk yang belum tau nih gue kasih tau kalo yang udah tau yah gue ingetin lagi hehe, pada tanggal 17 November 2010 lalu umat islam merayakan lebaran yang namanya Idul Adha yaitu mengurbankan sesuatu, yang kita qurbankan disini biasanya hewan ternak gitu, sapi kambing kerbau domba unta.

Biasanya orang tua gue qurbannya bareng keluarga besar, tapi kali ini mereka qurban di mesjid deket rumah. Gue sih ga liat gimana itu proses penyembelihannya, tapi yang jelas itu menyedihkan dan bau ! kata ade gue yang nonton acara pembunuhan masal itu sih seru, kambing yang udah dipotong lehernya masih terengah-engah meregang nyawa, ada juga sapi yang mengeluarkan air mata sebelum mendapat giliran. Di mesjid itu juga ada sapi Limosin wah keren banget gagah, rasanya pengen gue tunggangi.

Prosesi penyembelihan dan pembagian daging qurban biasanya selesai sore hari. Nah pas sore itu ada orang yang nganterin bungkusan gitu deh. Ternyata eh ternyata isi bungkusan tersebut adalah *jeng jeng tenot tenot* daging hewan qurban yang masih utuh gitu deh, ada tulangnya hm hm. Abis dipotong-potong tuh daging si emak minta bantuan nusuk-nusuk tuh daging orang ke tusukannya yang jelas. Gue kaget lah, dengan tampang innocent gue bertanya “bu kok dagingnya ga dicuci dulu bu ? kan kotor bu, ada pasirnya gitu lagi” sang ibu menjelaskan dengan lembut “emang buat sate giitu, kalo dicuci dulu nanti jadi aneh” gue: OH ! dalam hati gue berbicara (nanti gue akan makan daging pasir nih ?) agak sedikit kehilangan nafsu makan. #depresi

Sementara itu di teras samping sang ayah sedang sibuk bermain api, eits bukan api sembarangan nih, itu api mau dipake buat ngebakar si sate. Si ade bantu kipas-kipas karena dia kepanasan. Selesai nyiapin si sate mentah gue ngebantuin ibu buat bikin sambel dan bumbu segala macemnya. Oh ya keluarga gue juga kebagian hatinya, yaks ! gue kebagian nusuk-nusukin tuh benda lembek dan berair itu, hiiii rada jijik sih tapiii gue cukup kuat untuk menahan nafas yey.

Ini mentahannya, bukan duit loh !



Gue dan ade nyerah ngebantuin proses bakar-bakaran, pedih men !
Dan ini yang udah matengnya, yum !


Baunya ituloh bikin ngiler heeeeem, pergi jauh-jauh deh pikiran yang tadi. Haha. Gue pun makan dengan tenang dan kenyang tanpa ada beban.
Kalo kata om Obama satai enak yaaa. Gue setuju om ! toss dulu dong kita, plook ~

Oke sampai disini dulu perbincangan kali ini, happy holiday guys :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar